Jasatekniksipil.com Bagi Anda yang sudah lama terjun di bidang teknik sipil atau geoteknik pasti sudah tidak asing dengan alat Inclinometer. Alat ini berfungsi untuk menganalisa pergerakan tanah dalam yang akan dijadikan lapisan dasar untuk pembuatan pondasi bangunan.

Alat ini berupa rangkaian atau instrumentasi dari sensor probe, kabel penghubung, PDA (untuk membaca hasil pengukuran) dan pipa casing untuk menahan inclinometer dari benturan.

Cara pemasangan inclinometer ini dimasukkan ke dalam tanah menggunakan pipa khusus yang terbuat dari bahan fleksibel sehingga mampu melindungi inclinometer dari benturan. Panjang pipa yang digunakan lebih dari 20 meter sehingga inclinometer bisa masuk cukup dalam ke bawah tanah.

Fungsi utama dari penggunaan Inclinometer yaitu :

  • Menganalisa pergerakan tanah dalam, apakah pergerakannyua cepat, stabil atau lambat
  • Memantau pergerakan struktur pondasi
  • Menganalisa tingkat stabilitas bendungan selama masa penggunaan
  • Mengawasi dampak deformasi terhadap lingkungan di sekitar proyek

Sekilas tentang Sejarah Inclinometer

Inclinometer pertama kali ditemukan oleh Stanley D. Wilson dan kemudian diproduksi pada tahun 1957 lalu dipakai untuk monitoring pergerakan Greenland Ice Cap. Selain sebagai penemu, Stanley juga mendirikan perusahaan Slope Indicator.

Cara Memasang Inclinometer

Sebelum dilakukan pemasangan, operator harus memastikan bahwa pada titik lokasi pemasangan casing inclinometer tanah dasarnya merupakan lapisan keras atau tanah sondir. Pemasangannya harus dilakukan oleh operator atau perusahaan sipil yang ahli dan berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan dan kerusakan ketika dipasang.

inclinometer piezometer

Setelah casing terpasang, selanjutnya masukkan inclinometer yang sudah terintegrasi dengan sensor probe dan lakukan pengukuran secara berkala. Tahap berikutnya, operator teknik sipil yang akan membaca hasil laporan pengukurannya.

Beberapa Jenis Konstruksi yang Menggunakan Inclinometer

Pemasangan inclinometer diperuntukan memantau stabilitas tanah dalam yang akan digunakan sebagai landasan pembangunan. Berikut ini beberapa macam jenis konstruksi yang menggunakan inclinometer :

Pembangunan Basement

Basement merupakan bagian bawah tanah yang digunakan untuk parkir kendaraan, baik itu mobil ataupun motor. Dalam pembuatan basement, kondisi tanahnya harus dianalisa dengan tepat agar pondasi bangunan dapat berdiri dengan kuat. Analisa tanah ini menggunakan instrument inclinometer.

Memantau Pergerakan Tanah di Sekitar Bendungan

Inclinometer juga kerap digunakan untuk menganalisa pergerakan tanah disekitar bendungan. Hal ini dikarenakan jika pergerakaannya tidak stabil dapat menimbulkan crack atau keretakan pada dinding bendungan.

Pembangunan Gedung

Sudah bukan rahasia umum jika pembangunan gedung pasti menggunakan inclinometer untuk memantau pergerakan dan kemiringan tanah dalam yang akan dijadikan landasan pondasi bangunan. Proses pemasangan inclinometer ini dilakukan oleh tenaga ahli agar tidak terjadi kesalahan pengukuran.

Masih banyak lagi manfaat dari penggunaan inclinometer yang belum kita bahas. Bagi Anda yang membutuhkan alat inclinometer atau mencari jasa instalasi inclinometer bisa segera menghubungi kami via telp/wa: 0812 9595 7914 (Bpk. Parmin) / 0812 1930 1958 (Bpk. Hamzah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *