pengerjaan proyek selama pandemi virus corona

Jasatekniksipil Sejumlah pengerjaan proyek jalan tol masih terus dilakukan dan dievaluasi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selama masa pandemi Covid-19 atau virus corona ini.

Agus Setiawan selaku Coroporat Secretary PT Jasa Marga Tbk.(JSMR) menjelaskan, perseroan memiliki target konstruksi ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 bisa segera selesai. Ruas tol ini terdiri dari ruas Cinere – Serpong dan Kunciran – Cengkareng, selain itu juga ruas tol lainnya yaitu ruas Manado – Bitung.

“Kami masih mengevaluasi target pengoperasian ruas-ruas yang sedang konstruksi di atas, akibat pandemi ini,” ujarnya yang dilansir dari Bisniscom, Kamis (16/4/2020).

Lebih lanjut, tuturnya, strategi Jasa Marga dalam pengerjaan konstruksi ketika pandemi Covid-19 ini dilakukan sesuai dengan instruksi Menteri PUPR yaitu proyek strategis nasional tetap berjalan.

“Kami tetap melaksanakan proyek dengan menerapkan secara ketat prosedur untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Progres memang tidak bisa secara penuh memenuhi target progres seperti kondisi normal,” jelasnya.

Selain itu, Agus juga menambahkan jika ada satu proyek yang pada pelaksanaannya terdampak virus corona, maka proyek tersebut harus segera dihentikan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumny sempat mengatakan bahwa selama terus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku maka pengerjaan proyek di tengah pandemi Covid-19 ini masih tetap bisa dilanjutkan.

“Asal diatur dengan protokol kesehatan masih bisa dilaksanakan, kami membolehkan juga,” ujarnya.

Instruksi Menteri PUPR Nomor 2/2020 berisi tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Instruksi Menteri PUPR tersebut juga mengatur penyelenggaraan jasa konstruksi saat pandemi Covid-19 masih dapat dilakukan dengan mematuhi ketentuan.

Ketentuan tersebut yaitu mendapatkan persetujuan dari Menteri PUPR melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 dengan disiplin tinggi dan dilaporkan secara berkala oleh Satgas Pencegahan Covid-19 dan menghentikan sementara ketika terjadi kasus pekerja yang ditemukan positif atau pasien dalam pengawasan untuk melakukan penanganan sesuai dengan protokol pemerintah.

 

sumber : bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *