upv test

Jasatekniksipil Beton merupakan jenis material yang paling banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jembatan, bendungan, gedung dan lainnya. Hal ini dikarenakan beton memiliki tekstus yang sangat kuat sehingga sangat bagus jika dijadikan material untuk membuat struktur suatu bangunan.

Dalam proses pembuatan beton tentunya ada standar kuat yang menjadi parameter utama agar nantinya ketika dijadikan material struktur bangunan dapat menyangga beban bangunan dan juga mampu menahan tekanan air jika dijadikan bahan untuk membuat bendungan.

Untuk menguji kekuatan beton maka harus dilakukan pengujian. Ada 2 macam pengujian yang bisa dilakukan untuk menguji beton yaitu dengan Destructive test (uji dengan merusak) dan Non Destructive Test (Pengujian tanpa merusak).

Destructive Test (Uji dengan Merusak)

Pada pengujian ini, material beton diuji menggunakan sebuah mesin uji tekan (tensile test) untuk dianalisa. Salah satu fungsi dari pengujian ini untuk mengetahui maksimal beban yang dapat diterima oleh beton.

Dengan melakukan pengujian ini maka dapat meminimalisir terjadinya crack atau keretakan. Karena pengujian ini sifatnya merusak, maka material yang diuji tidak dapat digunakan lagi. Biasanya pengujian ini dilakukan di laboratorium.

Non Destructive Test

Sedangkan pada pengujian ini, beton diuji menggunakan suatu metode yang tidak merusak material sehingga bisa langsung diuji pada beton yang sudah dipasang pada struktur bangunan. Metode pengujian ini disebut Ultrasonic Pulse Velocity (UPV).

Ultrasonic Pulse Velocity Test

Sesuai dengan namanya, pengujian ini menggunakan gelombang ultrasonic yang dialirkan ke dalam struktur beton. Cara kerjanya, sensor transmitter dan transducer ditempelkan pada permukaan beton, nantinya gelombang ultrasonic akan dialirkan ke dalam struktur beton.

Aliran gelombang ultrasonic tersebut akan mengaran ke sensor receiver transducer. Jarak tempuh gelombang transmitter menuju receiver akan dihitung dan dianalisa.

Nantinya, nilai perhitungan akan ditampilkan pada perangkat PUNDIT (Portable Unit Non Destructive Indicator Test). Nilai perhitungan tersebut dimasukkan ke dalam komputer melalui data logger yang dikonversi menjadi bentuk grafik sehingga memudahkan operator untuk membaca hasil pengukuran.

Jasatekniksipil sebagai penyedia berbagai layanan uji sipil menyediakan jasa UPV Test untuk berbagai jenis bangunan seperti jembatan, gedung, rumah sakit dan lainnya. Kami siap melayani pengerjaan di seluruh Indonesia. Pemesanan silahkan hubungi kami via telp/wa : 0812 9595 7914 (Bpk.Parmin) / 081219301958 (Bpk.Hamzah) atau email : jasaindustrisipil@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *