jasa inclinometer berkualitas

Konstruksi baja adalah konstruksi yang menggunakan batang-batang baja sebagai pengganti material beton. Setiap titik pertemuan batang pada baja disambung dengan mur dan baut, las lumer atau bisa dengan cara dilas. Baja tersebut dirangkai dengan sedemikian rupa hingga menjadi rangka bangunan. Baja dipilih karena ringan dan murah jika dibandingan beton.

 

Menggunakan struktur baja memanglah praktis dan sangat mudah untuk pengerjaannya, biasanya baja dipakai untuk gudang, pabrik, dan beberapa bangunan lain. Namun jika salah perhitungan pada bangunan baja dapat menyebabkan roboh karena teralu berat menahan beban pada batang dari sebuah bangunan. Robohnya bangunan juga akan berdapambak membahayakan orang yang ada didalamnya ataupun disekitarnya.

 

Berikut ini Beberapa Penyebab Robohnya Bangunan Berstruktur Baja

 

  • Desain yang kurang ideal

Desain pada bangunan sangatlah penting, tidak hanya estetika dan fungsi pada bangunan tetapi juga harus mementingkan pemilihan material ketika digunakan, salah satunya baja. Ketika pemilihan baja kita harus melihat dimensi pada baja, dan jika salah kemungkinan hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi salah satunya ambruk atau runtuh.

 

  • Pemasangan Kurang Teliti

Pemasangan struktur baja memang hanya sabatas mur dan baut saja, tetapi jika pemasangan tidak tepat atau tidak teliti, mur tersebut akan kendur dan mudah terlepas dari baut sehingga baja akan lepas dari tiang penyangga. Hal ini juga penyebab runtuh atau robohnya bangunan.

 

  • Pengelasan yang tidak sempurna

Pengelasan menjadi satu-satunya metode untuk menyambungkan baja hingga menjadi panjang. Jika pengelasan tidak dikerjakan dengan rapih maka hal ini dapat berakibat fatal karena kemungkinan kropos pada hasil las bisa saja terjadi. Pengelasan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman sehingga hasil yang di dapat menjadi lebih maksimal.

 

  • Bencana Alam

Gempa bumi menjadi faktor yang dapat membuat bangunan menjadi rusak hingga hancur. Bila bangunan tidak diperhitungkan dengan tepat maka banguan bisa saja mengalami kegagalan konstruksi alias hancur lebur.

 

dan faktor alam ini sangatlah tidak bisa kita hindari mengingat kapanpun dan dimanapun hal ini bisa terjadi. Salah satu pentingnya agar tidak terjadi rubuh atau runtuhnya bangunan. Untuk mencegah hal itu terjadi biasanya dilakukan uji kemiringan tanah atau biasa disebut dengan inclinometer.

 

Megapa hal itu harus dilakukan? Karena jika ketika membangun sebuah bangunan dan lahan yang digunakan tidak cocok atau mudah longsor maka akan sia-sia untuk melanjutkan pembuatan bangunan. Oleh sebab itu dilakukan uji kemiringan tanah atau Inclinometer Test sehingga kita tau mana lahan yang cocok digunakan untuk bangunan dan mana yang tidak.

 

Pengujian Inclinometer sangat cocok digunakan pada pembangunan gedung, mall, apartement ataupun bangunan tinggi lainnya dan memiliki tanah atau area yang tidak mendukung seperti bekas rawa, ataupun dekat dengan pantai.

 

Kami menyediakan jasa pengujian sipil seperti PDA Test, Inclinometer, SHMS, Sondir, Dll. Kami juga menjual alat pengujian Destructive test ataupun Non Destructive Test dengan after sales yang sudah terjamin. Engineer kami siap dan bepengalaman dalam pengujian sipil di Indonesia.

 

Informasi mengenai produk Inclinometer dan jasa silahkan hubungi kami ke nomor teretar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *